Home > Motivasi > Pengen Liburan Kamu Nggak Monoton? Check This Out

Pengen Liburan Kamu Nggak Monoton? Check This Out

Horee, nggak terasa satu semester sudah saya jadi seorang mahasiswa di perguruan tinggi. Meskipun agak kacau dan kurang berkembang di sana sini, tapi tampaknya semester pertama nggak bisa diabaikan begitu aja. Yap, semester satu adalah semester yang bisa dibilang sebagai semester adaptasi. Artinya, ini bisa dijadikan sebuah tonggak patokan, bagaimana kehidupan selama 7 semester ke depan (amiin) berlangsung. Jika adaptasi tak berjalan mulus, maka bisa jadi kehidupan 7 semester ke depan mandek tak berkembang lagi.

Liburan akhir semester satu buat para mahasiswa perguruan tinggi tahun pertama bisa jadi liburan resmi terlama yang dialami. Bayangkan saja. Mahasiswa TPB ITB punya waktu libur selama 1 bulan lebih satu minggu!! Lama sekali bukan? Memang sih buat temen temen yang pernah merasakan libur ramadhan semasa Abdurrahman Wahid menjabat sebagai Presiden, liburan kali ini masih kalah panjang, cuma bedanya waktu itu kan kita punya aktivitas ibadah yang rutin, bahkan mempunyai porsi lebih dibanding sebelumnya. Nah buat liburan kali ini kembali pada kita, sejauh mana kita memanfaatkannya buat hal hal yang berharga. see?

Berikut ini beberapa tips untuk memanfaatkan liburan anda agar liburan serasa menyenangkan dan bernilai lebih :

1.     Manfaatkan waktu buat ibadah lebih giat.

Buat kita yang sibuk saat kuliah berlangsung, waktu liburan kali ini bisa jadi momentum keren buat memperbaiki atau bahkan memulai ibadah-ibadah yang sudah banyak kita tinggalkan. Tapi tentunya dengan target setelah liburan berakhir, ibadah itu nggak ikutan berakhir juga. Sempatkan untuk bertilawah dengan target 1 juzz tiap hari. ups, keberatan? coba deh baca 2 lembar sehabis sholat fardhu. Akumulasinya bakal jadi 1 juzz tiap hari tuh. Gimana? Nggak berat kan? Selain itu sempatkan pula untuk sholat dhuha, dan sholat tahajud. Nggak penting? eits, jangan salah, sholat dhuha dan tahajud punya beragam keutamaan lho, nih salah satunya : ” Barangsiapa yang shalat Dhuha sebanyak empat rakaat dan empat rakaat sebelumnya, maka ia akan dibangunkan sebuah rumah di surga” (Shahih al-Jami`: 634), “Seutama-utama shalat sesudah shalat fardhu ialah shalat sunnat di waktu malam” ( HR. Muslim ). O ya disamping itu perbanyaklah berpuasa sunnah. Senin-Kamis misalnya. Dengan begitu liburan kita bisa bernilai plus dan nggak monoton. Dapet pahala lagi (InsyaAlloh).

2.     Baca-baca Novel.

Novel-novel di pasar buku, dewasa ini bagus-bagus lho. Nggak hanya novel dari luar negeri, novelis Indonesia pun mulai banyak menelurkan karya-karya yang fantastis. Tengok saja Tetralogi Laskar Pelangi-nya Bang Andrea Hirata yang mampu menyedot perhatian dunia. Bahkan baru baru ini, versi Internationalnya (berbahasa Inggris-red) dirilis. Selain itu buat kalian yang suka dengan novel-novel simple tapi menguras imajinasi dan emosi, coba deh baca novel-novelnya bang Tere Liye seperti “Hafalan Sholat Delisa“, “Rembulan Tenggelam di Wajahmu“, “Daun Jatuh Tak Pernah Membenci Angin”, dsb. Buat novel “Rembulan Tenggelam di Wajahmu”, penulis berikan kredit lebih karena alur dan jalan ceritanya yang tak gampang ditebak. Selain itu ide ceritanya fantastis. Benar benar mengajak kita masuk ke dalam script cerita tersebut. Penasaran? Makanya mumpung libur baca ya!!

3.     Berwisata.

Buat temen-temen yang hobi banget travelling dan sedang punya dana lebih, berpergian ke tempat tempat menarik bisa jadi opsi menarik buat ngilangin jenuh saat liburan. Nggak perlu keluar negeri, di negeri kita banyak kok tempat yang menarik. Coba deh ke kawasan Pantai Pangandaran, Sarangan, dan Kaliurang Yogyakarta. Kurang Jauh? Buat yang punya dana lebih lagi boleh juga tuh jalan jalan ke Pulau Lombok, Taman Laut Bunaken, dan tentunya ke Bali yang jadi primadona Indonesia di dunia. Atau buat yang lagi pengen bersenang-senang sambil menguji adrenalin, bisa tuh coba maen arung jeram, ato maen maen ke DuFan Ancol.

4.     Olahraga.

Liburan biasanya bakalan bikin pola makan kita tak terkontrol (baca : over). Buat ngimbanginnya, bisa dengan berolahraga. Buat kalian yang suka futsal, coba deh ngajak temen temen buat futsal bareng. Selain biar nggak dikira aneh (masak maen futsal sendirian?, :p), biaya yang dikeluarkan buat sewa lapangan bisa hemat. Ato kalo pengen gratis, coba deh maen di lapangan sekolah ato di lapangan kampung.

5.     Belajar.

Nah pilihan ini bisa jadi ide brilian buat mempersiapkan semester selanjutnya. Ato bisa juga buat kalian yang pengen belajar hal-hal yang nggak kalian dapatkan di ruang kelas. Tentunya pilihan ini butuh niat dan tekad yang kuat karena godaan buat ‘bermain-main’ saat liburan besar sekali. So, silakan kencangkan ikat pinggang anda. 😀

Kalian sebetulnya bisa mencoba kelimanya sekaligus, memang perlu perencanaan yang mantap, tapi kalo berhasil, bayangkan saja efeknya. Kita bisa jadi manusia yang semakin disayang Alloh, pikiran fresh, badan nggak menggembang (ups,:D), dan juga bisa lebih siap menatap semester yang akan datang. So, what activities will you do on your holiday?

Advertisements
  1. 21 December 2010 at 6:16 pm

    MANTAB !!! 😀

    paling suka poin nomer 1 !!!
    soale pas kuliah tugas numpuk jadi kurang fokus (tears)

    weiits, promosi novel :O
    olahraga?! (mlirik ngampet ngguyu. haha)
    belajar! \m/

    apik apik artikel-e
    thanks to cah kuper :p

    • einsteinboys
      21 December 2010 at 6:57 pm

      hahha. lagi rodo ra normal dadi tulisane rodo nggenah ra koyo biasane. :p

      iya. poin nomor 1 harus benar benar tercapai liburan ini dan bertahan lama sampe akhir hayat!!! agak mawut e semester kemaren. 😦

      iya dong, promosi novel keren. penasaran? baca! haha

      olahraga kali ini harus. tennis!! lari lari!!

      haha, sama sama.tunggu artikel selanjutnya. 🙂

  2. 21 December 2010 at 6:41 pm

    poin 6. Ngurus GAET haha… lumayan kan, sambil ibadah 🙂

    • einsteinboys
      22 December 2010 at 6:34 am

      hahaha, ide bagus tu, nek itu jelas laaaah. hahaha

  3. luthfan jundi
    24 December 2010 at 12:48 am

    selamat berliburan..

    • einsteinboys
      24 December 2010 at 10:28 pm

      selamat liburan juga jun! waa ra penak ki nek dolan jogja dijak dolan ra ono sik gelem. gek libur jun!

  4. yan
    24 December 2010 at 10:40 pm

    main ke rumahku aja sa.

    kamu belum pernah ke rumah kan?
    gantiaaan…

    • einsteinboys
      24 December 2010 at 11:34 pm

      rumahmu jauh siiih, ntar aja kalo rame rame. nunggu mas ipank pulang tuh. haha

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: