Home > Akademik > Institusi mana pilihan hidupmu?

Institusi mana pilihan hidupmu?

Bagi para pelajar kelas XII tahun 2010/2011, setidaknya setengah tahun kedepan merupakan waktu-waktu yang amat sibuk untuk memilih, kemanakah hidup mereka akan berlanjut. sebagian dari mereka memilih untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya, namun tak jarang pula yang memilih untuk langusng terjun ke masyarakat, bekerja guna membantu orang tuanya atau setidaknya memenuhi kebutuhan mereka sendiri. Bagi yang memutuskan untuk turun bekerja, mereka akan disibukkan untuk menghadapi ujian akhir nasional yang sedianya akan dilaksanakan bulan maret/april tahun 2011 nanti. Namun bagi mereka yang memutuskan untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi, tentu ada PR tambahan yang harus dilahap. Yap, ujian masuk perguruan tinggi merupakan ‘beban’ tambahan yang harus mereka tanggung.

Ujian Masuk Perguruan Tinggi dewasa ini menjadi momok yang sangat serius bagi sebagian besar siswa kelas XII Sekolah Menengah Atas, bahkan lebih “membunuh” daripada Ujian Akhir Nasional yang diselenggarakan oleh Kementrian Pendidikan Nasional. Kuota yang diberikan perguruan tinggi, terutama perguruan tinggi negeri, untuk setiap jalur seleksi kadang-kadang membuat “beban” tersebut semaikin berat dipikul.

Berikut beberapa seleksi yang diselenggarakan perguruan tinggi negeri (klik untuk melihat link infonya) :

1. UI : Simak UI, UMB, PPKB, SNMPTN, dsb.

2. UGM : UM UGM (PBS, PBUB, PBUPD, PBOS, UTUL, SNMPTN, dsb).

3. ITB : PMBP ITB, SNMPTN

4. ITS

5. UNAIR

6. UNS

7. UNDIP

Namun, untuk tahun ini, para calon mahasiswa baru mulai mendapat angin segar, pasalnya pemerintah telah mencabut dasar hukum bedan hukum pendidikan sesuai PP yang telah diterbitkan oleh pemerintah yaitu PP No.66 tahun 2010. Salah satu poinnya adalah setiap perguruan tinggi menerima mahasiswa dari jalur SNMPTN minimal sebesar 60% dari jumlah Mahasiswa Baru untuk setiap bidang studi. Hal ini tentunya menjadi kabar gembira bagi camaba karena jalur SNMPTN merupakan jalur “termurah” untuk masuk ke universitas pilihannya. SNMPTN meminimalkan efek “main duit” pada sebagian jalur seleksi masuk.

Semoga dengan dikelurakannya peraturan ini, kualitas pendidikan di Indonesia bisa semakin maju dan berkembang pesat.
Selain itu, bagi para camaba, diberi kekuatan dan kemantapan hati untuk menentukan pilihan hidup mereka, dan Alloh mengabulkan doa dan harapan mereka. Amiin

Advertisements
  1. yan
    24 December 2010 at 10:10 pm

    “Emang ada yang lebih baik dari UGM?
    yang lebih mahal banyak”-(kaos oblong UGM)

    apalagi fakultas teknik UGM…
    Teknik? Jaya!!!

  2. einsteinboys
    24 December 2010 at 10:29 pm

    manut daaaah, yang penting hidup barokah.
    Wiharsa-16510191 STEI ITB 2010

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: